Menciptakan Ikan Berenang Dari Lagu Favorite

Berbicara ide, untuk menangkapnya memang gampang-gampang susah. Dikejar dia lari, didiamkan malah menghampiri, bahkan yang sudah jelas melintas kerap terlewatkan begitu saja, serpihan demi serpihan tidak satupun dapat diuraikan. Penyakit ini bisa dialami oleh siapapun, apalagi kalau kondisi sedang bad mood, akan kehilangan semangat walaupun berondongan ide kian sabar mengantri di halaman kepala.

Berbeda artinya ketika motivasi lagi tinggi namun idenya kabur. Permasalahan seperti ini secara umum karena perburuan ide terlalu cepat, kurang mendapat kewajaran relaksasi untuk mengendurkan syaraf yang menegang akibat terlalu lelah mengejarnya.

Gunakan strategi jitu supaya ide bisa mengalir jernih apa adanya, tidak dibuat-buat dan berjalan secara natural sehingga alirannya seperti gemericik air sungai di pegunungan, dari dataran tertinggi terus turun sampai menuju dasar. Pada muara tujuan tercipta ikan berenang, sehingga tinggal menyiapkan umpan dan kail untuk segera memancingnya.

Adalah terlebih dulu menciptakan santai guna menciptakan kejernihan pikiran, menggunakan lagu favorite sebagai umpan imajinasi untuk mengisi mata kail (tuts keyboard). Kondisi perasaan tidak harus selalu bergembira, saat sedang kecewa, sedih, ataupun marah bisa diwakilkan dengan untaian lagu sebagai tim penghibur menambah maraknya suasana.

Misalnya ketika hati sedang bersedih, maka putarlah lagu cengeng dan bila perlu menangis sejadi-jadinya. Di sela tetesan air mata, maka akan terungkap perasaan hati untuk dapat dicurahkan agar dapat meringankan sesak di dada. Torehkan kesemuanya dalam bentuk apapun, termasuk artikel sebagai motivasi dalam menetralisir keadaan, maupun bahasa pengungkapan bentuk puisi.

Dengan begitu, selain bisa mendapatkan ide menulis, juga arwah tulisan akan tercium pada aroma bahasa tulisan pengungkap obrolan dengan mesin. Memungkinkan bila terjadi kesamaan permasalahan dengan orang lain, membuat pembaca akan kerasukan dibuatnya, sedangkan bagi yang belum pernah mengalaminya dapat menjadikan itu sebagai pengalaman berharga. Ungkap yang perlu dikatakan dan menutup rapat bagian yang tidak pantas diketahui oleh orang lain.

Sedangkan saat mengalami kegembiraan atau kemarahan, tidak ubahnya melakukan hal sejenis. Dari tiap lirik lagu yang dilantunkan tentu memiliki makna tersendiri bagi penggemarnya, nah jadikan saja makna tersebut sebagai bahan untuk membuat tulisan. Jika makna tersebut berdasarkan dari pengalaman pribadi, menjadi lebih mudah dalam menuangkan setiap denyut ketukan huruf, kata, kalimat, sampai terbentuk puluhan paragraf.

Artikel ini berjudul Menciptakan Ikan Berenang Dari Lagu Favorite, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/05/menciptakan-ikan-berenang-dari-lagu.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Post a Comment

Kategori Artikel !