Pikun Menjauh Karena Banyak Ngobrol

SEMAKIN Anda mengobrol, maka Anda pun akan kian jauh dari risiko kepikunan. Banyak ngobrol akan membantu Anda terhindar dari risiko tersebut. Sebuah peneliti di Jerman membuktikan berinteraksi sosial dapat melatih memori seseorang dan melatih kecerdasan otak.

pikunPeneliti dari Universitas Zurich membandingkan 36 studi tentang latihan memori yang digelar antara 1970 dan 2007. Mereka menemukan orang dewasa sehat dan orang yang mengalami gangguan kognitif ringan bisa mengingat lebih baik setelah diberikan latihan memori berupa diskusi mengenai seni.

"Berdasarkan beberapa studi yang telah dipublikasikan, cara-cara alternatif seperti mengobrol memiliki efektivitas setara dengan latihan kognitif," kata peneliti Dr Mike Martin.

Penemuan dilakukan setelah Age Concern melaporkan jutaan orang di dunia berusia di atas 65 tahun merasa terjebak dan terisolasi di dalam rumah.

Dr Martin mengakui beberapa orang memang mengalami penurunan kemampuan kognitif pada usia tua. Namun, itu tidak terjadi pada semua orang. Penurunan kognitif itu berupa sulit mengingat, membuat perencanaan, memerhatikan, dan melakukan pekerjaan dengan cepat.

Untuk itu, coba ajak orang tua atau kakek nenek Anda untuk mengobrol sesuatu yang menyenangkan guna menghindarkan mereka dari kepikunan


Artikel ini berjudul Pikun Menjauh Karena Banyak Ngobrol, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/08/pikun-menjauh-karena-banyak-ngobrol.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Post a Comment

Kategori Artikel !