Udara yang Tercemar Bikin Badan Cepat Lelah

Udara yang Tercemar Bikin Badan Cepat Lelah
Udara yang Tercemar Bikin Badan Cepat Lelah, Jika di rumah sering merasa lelah meski tidak banyak berkegiatan, waspadai kemungkinan adanya pencemaran gas karbon monoksida (CO). Bermula dari rasa letih, keracunan gas CO terus menerus bisa berlanjut dengan kerusakan otak permanen.

Gas CO merupakan gas yang tidak berbau dan tidak berwarna yang berasal dari sisa hasil pembakaran yang tidak sempurna pada berbagai jenis bahan bakar yang mengandung karbon. Di antaranya bahan bakar untuk kendaraaan bermotor, batu bara, arang dan kayu bakar.

Jika terhirup oleh saluran pernapasan, gas ini akan diserap ke dalam darah dan akan berikatan dengan hemoglobin (Hb) atau zat merah darah. Karena fungsi Hb adalah mengangkut oksigen, maka keberadaan CO menyebabkan suplai oksigen tidak terdistribusi sehingga cepat merasa letih.

"Ketika berikatan dengan Hb, CO lebih kuat 200 kali lipat dibanding oksigen. Dalam kadar sedikit saja, CO bisa menyebabkan dampak yang bisa dirasakan sebagai rasa letih," ungkap seorang ahli toksikologi di Inggris, Laura Robinson seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (16/2/2011).

Rasa letih yang tidak diketahui sebabnya harus diwaspadai sebagai gejala awal keracunan CO. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut, gas ini bisa terakumulasi dan menyebabkan kerusakan pada sensor penglihatan, pendengaran dan daya ingat.

Keracunan ruangan gas CO umumnya bisa ditolong asalkan sumber pencemaran segera dihentikan. Namun jika terlanjur parah, statistik menunjukkan sepertiga dari seluruh kasus yang pernah terjadi dapat menyebabkan kerusakan permanen di otak.

Untuk mencegah pencemaran gas CO di rumah, hindari memanaskan kendaraan di dalam rumah atau garasi apalagi dalam kondisi tertutup. Saat memasak di dapur, pastikan sirkulasi udara tetap terjaga dan jika perlu nyalakan kipas pembuangan atau exhaust.

"Rasa letih akibat keracunan CO sering diabaikan, malah dikira sedang tidak enak badan lalu tiduran saja di dalam rumah. Padahal jika benar sumber pencemarannya ada di dalam rumah, maka harus segera diatasi agar keadannya tidak makin memburuk," tambah Robinson.

Artikel ini berjudul Udara yang Tercemar Bikin Badan Cepat Lelah, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/06/udara-yang-tercemar-bikin-badan-cepat.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Post a Comment

Kategori Artikel !