Renovasi Lembah Permusuhan Umat Islam

Renovasi Lembah Permusuhan Umat Islam: Jumlah masyarakat di negeri ini lebih terdominasi oleh umat islam, namun kapasitas kualitasnya tidak sepadan dengan angka tersebut. Sebagian besar tidak ubahnya seperti buih di tengah lautan, kemana angin mengarah maka kesanalah mereka terhempas. Pada dasarnya, jumlah umat islam semakin bertambah banyak tapi perannya tidak lebih dari sekedar menjadi follower, bukan sebagai leader terhadap konteks zaman. Justru lebih mudah terbawa oleh arus zaman.

Penyebab lemahnya umat muslim terletak pada kerentanan persatuan dan kesatuan umat, gagal mengedepankan ukhuwah islamiyah yang menggiring kepada tatanan persatuan seutuhnya. Masih banyak di sana-siani terjadi cerai berai diantara sesama, terperosok ke dalam suasana lembah permusuhan. Meskipun hal tersebut tidak diakui terang-terangan.

Sesama muslim, adalah bersaudara dan bersatu. Tetapi di balik itu, kerap terjadi ketajaman perbedaan pendapat dalam banyak hal, termasuk dalam berpolitik dan kekuasaan. Tidak adakah, jalan untuk berpaling dari suasana bermusuhan di antara sesama muslim?

Tentu saja ada, yaitu sama-sama memulai lagi untuk saling belajar mengikat diri dalam sebuah komitmen keislaman sebagai agama yang rahmatan lil alamin, kemudian direalisasikan secara konsekuen, dan memelihara keteguhan dengan konsistensi. Memperteguh persatuan dan kesatuan umat, adalah dengan menjauhkan diri dari sikap benci serta permusuhan terhadap sesama saudara seiman, sebangsa, dan senegara.

Artikel ini berjudul Renovasi Lembah Permusuhan Umat Islam, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/05/renovasi-lembah-permusuhan-umat-islam.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Post a Comment

Kategori Artikel !