Musuh Dalam Selimut Di Jejaring Sosial

Waspada Musuh Dalam Selimut Di Jejaring Sosial - Sekian banyak pertemanan di dunia maya, baik pada jejaring sosial facebook maupun blogging bisa saja menjadi musuh dalam selimut. Adalah mereka berupaya menjatuhkan dengan cara tidak sportif, banyak terjadi kasus tersebut, justru teman karib sendiri sebagai pelakunya. Apapun alasannya, secara umum karena merasa tersaingi sehingga berbagai cara dilakukan.

Tujuan kebaikan yang mereka lakukan dengan kedok silaturahmi, berbagi wawasan dan pengetahuan, atau berupaya sedemikian rupa menjadi penjilat tangguh berazaskan prinsip-prinsip pertemanan. Namun dibalik itu, ia malah menjatuhkan pihak lain. Contoh kasus yang sering terjadi adalah di dunia blogging, misalnya blog Anda memiliki popularitas cukup mumpuni di mata search engine, maka jangan heran jika mendadak para budak adsense berupaya untuk mendekati. Tidak lain sebagai pengintai mencari kelemahan.

Jangan mencurigai siapapun tetapi kewaspadaan perlu diterapkan, yakni memperhatikan prilaku diantara rekan-rekan sesama blogger. Pada awalnya mereka seperti tidak perduli tapi kemunculannya tiba-tiba akan ada perubahan sikap yang akan membuat Anda terlena, seolah memberi perhatian khusus padahal ada udang di balik rempeyek. Sebab aktifitas utama bloggingnya hanya untuk mendulang dollar.

Kalau memang tujuan utama seorang blogger untuk sekedar menjalin silaturahmi dan saling berbagi ilmu pengetahuan maupun pengalaman, tentu akan mudah terlihat dari konsep blognya. Apakah mungkin, blog personal dengan konsep saling berbagi tapi membicarakan UUD (ujung-ujungnya duit)?.

Selain dari itu, tentu akan berupaya keras mengejar pagerank dan angka alexa. Apalah artinya angka-angka tersebut jika memang konsep blogging untuk saling berbagi, bukankah seharusnya justru yang dikejar adalah sumber-sumber pengetahuan sebagai bagian dari sarana belajar online?.

Bolehlah berbicara mengenai cara meningkatkan pengunjung, mendapatkan pagerank, meminimalisir angka alexa tapi hanya sebatas berbagi dalam meningkatkan popularitas. Itupun sudah terbukti berdasarkan pemahaman pada kajian pembelajaran terlebih dulu, yakni pembuktian bahwa hal itu telah didapat dengan cara sportif tanpa merusak blog lain.

Utamanya hanya untuk meningkatkan popularitas konten tanpa disisipi oleh materi, sebab umumnya menulis di dunia maya agar banyak diketahui oleh banyak orang tanpa ada dinding pembatas. Karena trend tulis menulis yang sedang berkembang pesat pada saat sekarang adalah di media ini, semua berlomba-lomba agar kontennya mendapat perhatian khusus dari robot google. Satu hal yang diharapkan, yakni memiliki nilai kepuasaan tersendiri, itu saja sudah cukup. Sedangkan embel-embel lain tidak tampak unsur sebagai blogger matrealis.

Memang benar dalam dunia blogging terdiri dari berbagai lapisan blogger, begitu juga dengan masing-masing tujuan dalam menjalankan aktifitas ini. Tetapi hendaknya tidak saling merusak, melainkan memberikan support untuk keberhasilan bersama para pecinta dunia maya, khususnya antara sesama blogger. Sebelum menuding seseorang telah berprilaku "munafik", terlebih dahulu berkaca diri, apa tujuan saya mengambil keputusan menjadi seorang blogger?.

Artikel ini berjudul Musuh Dalam Selimut Di Jejaring Sosial, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/04/musuh-dalam-selimut-di-jejaring-sosial.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 4 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Kapuk Online said...

Ha....ha...ha...Ternyata begitu ya....UUD...Ujung-Ujungnya Duit....Kagak ah...kagak pasang iklan, karena tujuan saya blogging hanya untuk berbagi, but' thank's dah atas sharingnya...

Gedubrax...njungkel...mlumah...mengkurep...njengking...ndlosor...

bluethunderheart said...

waw..............bisaanaza y..hehehhe
salam hangat dari blue

nurdiono said...

salam kenal juga maz.
smoga terjalin ukhuwah

mebel jati said...

semoga temen q gak ada boz

Post a Comment

Kategori Artikel !