Konsep Kesabaran Tanpa Ruang Batas

Konsep Kesabaran Tanpa Ruang Batas - Konsep kesabaran dalam kehidupan sangatlah vital, tidak ada satu pun cita-cita dan tujuan yang berhasil tanpa adanya upaya dalam menahan diri, berusaha sabar tanpa terbatas atau terkotakkan oleh ruang antara. Dengan hilangnya rasa sabar dapat berpotensi dan berpeluang memunculkan sifat-sifat kurang baik. Misalnya sifat arogansi, pongah, egois, dan tindakan lain menuju jalan pintas yang dikendalikan oleh nafsu.

Banyak sudah tersurat dan tersirat pembicaraan tentang pentingnya memiliki kesabaran maksimal dalam tiap individu, baik secara lingkup personal, lingkungan keluarga, maupun dalam ranah publik untuk bisa bertindak sabar. Hilangnya kesabaran seseorang akan menjadi titik awal dari hilangnya karakter etika, salah satunya terwujud dalam pola dan sikap hidup, dalam bahasa populernya biasa disebut ramah dan santun terhadap lingkungan sekitar.

Dalam konteks ajaran agama berbasis keimanan yang solid saja tidak cukup, melainkan harus ditingkatkan  dan dipadupadankan dengan kasih sayang, keikhlasan, dan keterampilan moralitas yang terpuji. Diantaranya adalah sebuah kesabaran, saat tersandung oleh berbagai kesulitan maupun ketika sedang menunggu keberhasilan. Cukup banyak terjadi hilangnya rasa sabar pada tataran publik, misalnya karena disebabkan oleh kemiskinan, godaan korupsi, atau rezim pemerintahan yang memicu hilangnya asa masyarakat.

Maka di sinilah perlunya keberadaan pembangunan dan menciptakan benteng kepribadian yang kuat, memberikan harapan kepada masa depan agar bisa lebih baik lagi. Bertujuan untuk membangun sikap optimisme menuju kepada tatanan kehidupan kesejahteraan seutuhnya, yakni memiliki kesabaran saat sedang proses perbaikan kesuksesan hidup.

Sekedar pesan bertema kesabaran tidak cukup dikatakan saja, namun perlu juga dilakukan pada diri sendiri, ditunjukkan dalam prilaku hidup dan kehidupan. Hal ini adalah pondasi bersikap legowo, terbiasa menerima nasehat-nasehat dan saling menasehati dengan sesama, ditunjukkan dalam menetapkan kesabaran tersebut. Jangan sampai saat sedang mengalami gonjang-ganjing akibat terjadinya perubahan perputaran roda kehidupan, malah justru menghilangkan esensi kesabaran. Tetap harus disikapi oleh semangat kesabaran dan lapang dada.

Apapun alasannya, kesabaran harus tetap eksis sebagai pemecah gelombang problematik dan menyeret pada dimensi jurang kemanusiaan tersebut. Peran motivasi yang kuat akan menciptakan gelora kesabaran diri. Tidak kalah pentingnya, pola komunikasi antara setiap anggota masyarakat, agar satu sama lain saling mengisi dalam wilayah kecerdasan dengan menetapkan rasa sabar sebagai ikatan penguatnya.

Sebagai generasi yang terlahir sebagai anak manusia normal dan berbudi luhur, diharap tidak mudah menyerah.. Mengubah nasib seseorang memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus ada perjuangan dan pengorbanan, merupakan konsekuensi logis dari adanya pertarungan  hidup  serba paradoks dengan segala percepatan. Sebuah perjuangan dan pengorbanan yang baik akan memberikan hasil manakala dalam mengimplementasikannya disertai dengan sikap kesabaran. Kalau masih mengatakan, "sabar ada batasnya", itu berarti belum dikatakan memiliki tingkat kesabaran seutuhnya.

Artikel ini berjudul Konsep Kesabaran Tanpa Ruang Batas, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/03/konsep-kesabaran-tanpa-ruang-batas.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Post a Comment

Kategori Artikel !