Keuntungan dan Kerugian Ganti Domain Blog

Keuntungan dan Kerugian Ganti Domain Blog - Apakah Keuntungan dan Kerugian Ganti Domain Blog? Silahkan Baca dengan teliti. Custom domain adalah domain lain yang bisa digunakan sebagai pilihan alternatif untuk menggantikan nama suatu blog, misalnya di blogspot. Sebagai contoh, tadi alamat blog ini adalah mo3no.blogspot.com, kini sudah berganti alamat menjadi pendidikan.anekanews.com. Bisa juga diganti dengan domain .com dan lainnya, ada yang berbayar dan gratisan. Setidaknya hal tersebut bisa memperpendek alamat suatu blog, sehingga mudah diingat serta cara penulisannya menjadi lebih ringkas, atau sekedar buat keren-kerenan aja juga boleh deh. Terserah, masing-masing memiliki tujuan tersendiri.

Dalam melakukan perubahan nama domain blog yang saya sebut dengan berpindah domain, ada beberapa hal antara keuntungan dan kerugian. Sesuai dengan yang pernah saya alami.

Keuntungan :
  • Alamat blog menjadi lebih pendek tanpa embel-embel blogspot, memungkinkan memiliki daya tarik tersendiri. Yakni mudah diingat.
  • Bisa ikut-ikutan seperti blog profesional, yang dimaksud adalah seolah memiliki tingkat keseriusan dalam pengelolaannya. Misalnya menggunakan domain berbayar, maka sangat disayangkan jika hanya untuk sekedar iseng-iseng.
  • Jangan takut akan kehilangan pengunjung yang belum mengetahui alamat baru blog Anda, sebab domain lama akan mengarahkan untuk menuju ke url pengganti.
  • Pengaturan dan oprek-oprek tetap bisa dilakukan di blogspot, serta tidak perlu melakukan hosting ke tempat lain.
  • Penurunan popularitas rangking halaman di search engine tidak terlalu berpengaruh, alias masih tetap aman terkendali.
Kerugian :
  • Bagi pecandu pagerank dan alexa harus rela kehilangan angka cantik tersebut, sebab segala bentuk ranking google akan kembali ke nol kembali. Masih polos seperti bayi baru lahir.
  • Perlu sedikit merepotkan, karena perlu melakukan pengulangan mendaftarkan kembali alamat blog Anda ke search engine, dengan cara mensubmit alamat yang terbaru. Misalnya ke google master dan alexa.com.
  • Perlu beberapa waktu agar perhitungan kekuatan ranking blog kembali berjalan normal, biasanya setelah 2 minggu baru bisa terindeks.
Baru hal itu saja yang bisa saya sampaikan, mungkin jika ada tambahan silahkan sampaikan lewat form komentar, tersedi di meja receptionist. Bagaimana, dengan sekelumit resiko tersebut, sudah siap untuk berganti domain?
Sumber : http://www.omrame.co.cc/2011/03/untung-rugi-ganti-domain-blog.html

Artikel ini berjudul Keuntungan dan Kerugian Ganti Domain Blog, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/03/keuntungan-dan-kerugian-ganti-domain.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 8 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

muhaiminabd said...

Waah... Rugi juga kalau harus kehilangan Alexa dan PageRank yang dibangun dengan jerih payah.... Saya berencana untuk mengganti domain dalam waktu dekat ini. Meskipun PR masih 0 dan Alexa masih 3 jutaan. Tapi melihat perkembangan blog saya, saya yakin Alexa dan PR akan naik drastis dalam waktu dekat. Setiap 2 hari sekali Alexa rank saya semakin mengecil. Hanya PageRank saja yang masih 0. Mungkin karena belum masuk waktu update PR...

muhaiminabd said...

Oh iya... Tingkat kesulitan untuk membangun backlink untuk blog yang baru dengan blog lama yang mau diubah ke ekstensi .com bagaimana?? Apa berbeda??

with fully respect, http://muhaiminabd.blogspot.com

peta konsep said...

masih pikir-pikir untuk ganti domain, saya takut jika google PR saya nanti (setelah google update PR lagi) berubah menjadi 2 atau minimalnya 1, nah, kalo saya gnti kan saya rugi... :) apalagi blog saya, sudah menunjukan perkembangan (+) , terima kasih sobat, blognya bagus, tolong kunjungi blog saya juga bila anda ada waktu :)

Unknown said...

maksih bro nice info
tukeran link bro
www.baltimore13.blogspot.com
makasih

Komponen Elektronika said...

Terima kasih atas informasi dan sharingnya...

Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan said...

memang iya sih :D
ada keuntungan dan kerugiannya
but,
makasih yaa :D

Bebas Share said...

Hmm ..
dengan begitu ane Faham deh
berarti mesti Berfikir 2 kali untuk ganti Domain

Catatan Manga | Read Manga Online said...

kapan kapan ane beli deh,
kan sudah tau resiko dan keuntungannya

Post a Comment

Kategori Artikel !