Rahasia SEO untuk Menaikkan Pagerank Google

Rahasia SEO untuk Menaikkan Pagerank Google mungkin hal yang sudah banyak dibicarakan dalam forum maupun artikel/postingan blogger. namun hal ini masih saja menyisakan pertanyaan bahwa hal apa saja sekiranya yang dapat membuat SEO blog kita berhasil dan alhasil Pagerank mengikuti. banyak yang mendewakan pagerank dan SEO, tidak saya pungkiri itu,
karena menurut saya tulisan tidak akan bermanfaat untuk orang lain jika hanya kita yang tahu, dan cara agar orang lain tahu mengenai tulisan/artikel kita yang diposting dalam sebuah blog maka cara yang paling utama adalah SEO. lalu apa hubungannya dengan pagerank?

Rahasia SEO untuk Menaikkan Pagerank Google
Pagerank sendiri merupakan ukuran kualitas blog anda dari sisi kuantitas (populeritas), diurutkan dari 1-10 (terendah 1 dan tertinggi 10). Pagerank bukan ukuran dari segi kualitas konten, loh kok? Ya iyalah, soalnya belum tentu yang pageranknya diatas 5 memiliki isi atau contens yang bagus, karena Pagerank diukur dari banyaknya blog lain yang menaruh link blog kita (disebut backlink) dan yang kedua adalah dari banyaknya pengunjung blog kita.
Jadi, untuk mendapatkan Pagerank fokusnya adalah menanam sebanyak mungkin link blog kita diblog atau situs lain. Semakin banyak link blog kita ditempat lain, maka Google sebagai yang mengeluarkan pagerank (update per 3 bulan) maka menilai blog kita merupakan blog yang dianggap penting, ya penting karena banyak penggemarnya yang rela-rela atau dipaksa menaruh link blog kita ditempatnya.. hehe
Berikut adalah langkah-langkah atau teknik SEO yang perlu anda maksimalkan :
Internal

1. Isi konten blog kita dengan konten yang menarik dan update blog secara continue (bisa perhari, perminggu, perbulan.. Jangan setahun sekali.. hehe)
2. Buat minimal 3 artikel pilar (artikel pilar ini diantaranya seperti how to, ya intinya artikel yang kemungkinan dicari banyak orang) – seperti dimulai dengan kata awal cara, tips, teknik, langkah-langkah dll.
3. Gunakan kata kunci yang tepat (kata kunci yang berada dijudul, tag, paragraf pertama) – yang biasa dicari banyak orang melalui mesin pencari atau search engine
4. Maksimalkan keberadaan foto atau gambar, pada format htmlnya pada ‘title’ dan ‘alt’ silahkan isi dengan kata-kata kunci yang sesuai dan menarik.
5. Untuk yang menggunakan wordpress, banyak plugin yang bisa anda pilih untuk mendongkrak SEO, tapi jangan dipilih semua, karena makin banyak plugin yang diinstal bisa berakibat bukaan blog anda berat, saya sarankan pilihkan plugin bernama All in One SEO Pack dan maksimalkan fitur-fitur didalamnya.
6. Buat link terkait antar artikel, misalnya pada kata yang punya kesamaan dengan artikel sebelumnya. Untuk yang pake wordpress, maksimalkan plugin ‘Related Post’

Eksternal

1. Submit url blog Anda pada mesin pencari, diantaranya : Google, Yahoo, MSN, Submit Express, dll (silahkan cari di google dengan kata kunci add url)
2. Bertukar link dengan blog lain (exange link), terutama dengan blog yang sudah punya pagerank tinggi (mau ga ya mereka? Kembali pada lobi anda itu mah.. hehe)
3. Gabung di milist dan promosikan blog kita disana!
4. Gabung di forum diskusi online seperti kaskus, forum webmaster dan sebagainya, promosikan blog kita melalui signature dan cara-cara lain asalkan sopan dan luwes.
5. Daftar dan taruh link blog kita keberbagai situs Social Bookmarking dan Social Networking seperti : Blogcatalog.com, Topsites.com, Myblog.com, Facebook.com, Friendster.com, Twitter.com, Propeller.com, Slashdot.org, Digg.com, Technorati.com, Del.icio.us, Stumbleupon.com, Reddit.com, Fark.com, Newsvine.com, Furl.net, Diigo.com, Backflip.com, Bibsonomy, dll.
6. Komentar di blog yang menerapkan dofollow pada kolom komentarnya (terutama cari blog yang PR nya lebih tinggi).
7. Blogwalking ke blog orang lain dan komentar di artikel mereka walaupun tanpa embel-embel dofollow. Ciptakan semacam kelompok blogwalking, misalnya ada 10 orang dengan IP address yang berbeda. 10 orang ini usahakan rajin saling mengunjungi secara rutin. Google akan menilai, setidaknya blog anda dianggap penting terbukti dengan memiliki 9 penggemar + 1 (anda).

Itulah 13 Cara Menaikan Pagerank dengan memaksimalkan teknik SEO di blog kita. Masih banyak sebenarnya cara-cara lain, bisa berbayar (menyerahkan pada broker) atau sendiri. Tapi, ga baik juga kalo kita terus ngurusi SEO misalnya dengan 50 atau 100 cara, bisa-bisa kita terjebak untuk terus menerus mengejar SEO dan akhirnya banyak yang terlupakan.
Saran saya, 13 cara diatas sudah sangat kuat untuk menjadi fondasi dan amunisi. Yang saya alami, misalnya pada blog GoyangKarawang.Com ini yang saya buat pertengahan tahun lalu sempat saya rombak total, hingga jadilah yang sekarang dengan tema baru pula. PR nya udah 2 sejak dulu dan alhamdulillah ga berubah walau beberapa bulan lalu blog ini tanpa artikel satu pun, karena sempat saya ambrukan. Hehe.. kenapa bisa tetap bertahan? Karena link blog ini diblog lain tetap ada.

----Semoga Bermanfaat-----

Artikel ini berjudul Rahasia SEO untuk Menaikkan Pagerank Google, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/02/rahasia-seo-untuk-menaikkan-pagerank.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 1 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

top ranking di halaman 1 google said...

mantap gan infonya

Post a Comment

Kategori Artikel !