Promosi Blog Agar Pengunjung Banyak Dengan Manajemen Pemasaran

Hubungan Promosi Blog Dengan Manajemen Pemasaran. Promosi adalah suatu proses dari komunikasi. Dengan demikian maka promosi merupakan upaya di bidang informasi, persuasi, dan komunikasi. Faktor-faktor yang menyebabkan adanya kebutuhan promosi antara lain adalah karena antara jarak produsen dan konsumen, bertambahnya pelanggan potensial, dan persaingan tajam dalam pemasaran suatu produk. Promosi merupakan salah satu bagian dari konsep manajemen
pemasaran.

Sedangkan definisi manajemen pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan atau inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dengan nilai orang lain. Menyangkut analisis, perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, mempertahankan pertukaran menguntungkan dengan konsumen sasaran demi tercapainya suatu tujuan.

Perhatikan ilustrasi diagram alir dalam suatu konsep inti pemasaran, dan apa hubungannya manajemen pemasaran produk dengan promosi web/blog?.


Dalam web/blog produk atau barang yang dihasilkan adalah konten, jadi lebih mengutamakan kualitas. Kalau produk (konten) yang dipasarkan kurang memenuhi standar layak konsumsi, maka dapat dipastikan barang tersebut sulit dapat diterima pasar. Hanya produk berkualitas akan dibeli oleh konsumen (pengunjung), serta memperbanyak produk yang diperlukan konsumen. Alasannya, buat apa memproduksi suatu barang kalau tidak diperlukan.

Di samping itu, dengan memproduksi barang bermutu akan menghasilkan beberapa efek psikologis terhadap konsumen. Diantaranya sebagai berikut.
  • Nilai konsumen. Yakni penilaian selisih antara nilai yang diperoleh konsumen terhadap penggunaan suatu produk memuaskan, dengan pengeluaran biaya untuk memperolehnya. Adalah pertimbangan mengenai waktu, tenaga, dan biaya untuk mendapatkan produk yang dimaksud.
  • Kepuasan konsumen. Suatu tingkatan di mana perkiraan kinerja produk sesuai dengan harapan konsumen. Terkadang, suatu produk gratisan saja tapi kurang memuaskan akan mendapat respon negatif, apalagi kalau mereka harus membeli dengan kualitas mengecewakan.
Namun ada asumsi lain menyatakan, setiap produk yang dihasilkan pasti akan dibeli oleh konsumen. Ini hanya akan berlaku kalau barang diproduksi secara terbatas, konsep ini hanya berlaku pada keadaan seller's market. Dengan kata lain, adalah membuat konten jebakan betmen untuk meraup ribuan pengunjung, kurang memperhatikan kualitas tetapi sekiranya dapat merampok sebanyak-banyaknya angka kunjungan. Yakni hanya sebatas proses selingan, misalnya sedang tidak ada ide atau mengalami gejala impotensi otak akut.

Nah pada proses pertukaran, yaitu tindakan untuk memperoleh obyek yang diharapkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai pengganti. Bisa dikatakan adalah saling bahu membahu antara sesama blogger, misalnya dengan proses mereview suatu konten atau blog. Transaksi jenis ini setidaknya melibatkan dua bentuk nilai, yakni persetujuan mengenai kondisi, waktu, dan tempat. Yakni saling memiliki kesepahaman berdasarkan pada prinsip-prinsip sportifitas.
Pada konsep pertukaran di atas, perlu memperhatikan pasar bidikan yang tentunya akan memburu konsumen lebih luas lagi dan berlainan kelas. Sehingga memerlukan keseimbangan suatu produk saling melengkapi, antara kedua belah pihak web/blog pelaku kerjasama. Statement yang baik harus berlandaskan karakteristik penciptaan suatu citra, memiliki daya tarik emosional, dan pembedaan antara produk yang dihasilkan akan memberikan nuansa berwarna-warni. Dengan begitu konsumen di pasar bidikan dapat merasakan esensi berbeda.

Dengan memberikan wacana dan lain-lain kebutuhan masyarakat luas maka sudah memenuhi kebutuhan konsumen, sesuai dengan pasar bidikan masing-masing web/blog. Fokus pada publisitas, yakni upaya untuk memacu permintaan dilakukan secara non-personal yang memetik manfaat dari publisitas. Umumnya publisitas ini berbentuk pujian terhadap suatu produk, secara otomatis tahap promosi akan dilakukan secara berantai oleh konsumen yang sudah merasa terpuaskan.

Menarik penyimpulan dari ulasan di atas, adalah pentingnya memperhatikan bahan-bahan promosi yang digunakan. Yaitu mengarahkan seluruh produk kepada apa yang diinginkan dan menguntungkan konsumen, jangan hanya menekankan pada produk apa yang akan di jual.

Pemasaran berwawasan sosial merupakan konsep pemasaran terbaru, berkeyakinan bahwa narablog harus menetapkan kebutuhan, keinginan, dan minat pasar sasaran. Serta memberikan kepuasan yang diinginkan konsumen dengan cara lebih efektif efisien, tidak hanya berkutat memikirkan persaingan. Pendukung konsep ini adalah orang-orang yang berkeinginan peduli terhadap pasar, mengarahkan pengambilan keputusan yang akan menguntungkan konsumen dalam jangka panjang.

Hal tersebut mencerminkan penerapan manajemen mutu total, adalah program yang dirancang untuk memperbaiki produk  secara terus menerus. Sekaligus memperhatikan tehnik promosi seperti personal selling, hubungan sosial, dan publisitas.

Artikel ini berjudul Promosi Blog Agar Pengunjung Banyak Dengan Manajemen Pemasaran, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/02/promosi-blog-agar-pengunjung-banyak.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Post a Comment

Kategori Artikel !