Peringatan Merokok

Peringatan Rokok Diminta Bergambar – Peringatan tertulis yang memuat sederetan gangguan kesehatan akibat rokok, dinilai kurang efektif. Di samping sulit dibayangkan wujud penyakitnya, pesan yang tak pernah diganti tidak membuat perokok percaya akan bahayanya.

“Jatuhnya korban adiksi rokok yang membawa ribuan bahan kimia beracun akan sulit dibendung ketika masyarakat tidak mendapatkan informasi dan edukasi yang jelas dan jujur agar mampu mengambil keputusan terbaik bagi dirinya," kata Dr Bambang Wispriyono, Dekan FKM UI dalam sambutannya sebagai penyelenggara seminar"Peringatan Kesehatan Berbentuk Gambar, Mendorong Kemandirian Untuk Hidup Sehat" di Hotel Gran Melia, Jakarta.

Seminar ini sendiri digelar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dengan menghadirkan narasumber dari dua negara ASEAN yang menjadi tujuan ekspor rokok Indonesia, yaitu Brunei Darussalam dan Malaysia.

Tiga pembicara dari ASEAN yang hadir adalah Dr Domilyn Villarreiz (Southeast Asia Tobacco Control Alliance), Dr Anie H Abdul-Rahman (Kepala Divisi Pengendalian Tembakau Kementerian Kesehatan Brunei Darussalam) dan Dr Zarihah Zain (pakar kesehatan masyarakat dari Kementerian Kesehatan Malaysia).

Sementara, Dr Domilyn Villareiz, wakil dari South Asia Tobacco Control Alliance, menyetir ungkapan Phillip Morris, mengatakan, bungkus rokok bertujuan menciptakan keinginan membeli dan mencoba.

“Karenanya, pemerintah punya tanggung jawab memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang dampak merokok bagi kesehatan. Dengan terbatasnya sumber daya pemerintah untuk menjangkau masyarakat sampai ke pelosok-pelosok termasuk yang buta huruf dan remaja, peringatan kesehatan berbentuk gambar akan meningkatkan pemahamansehingga masyarakat dapat mengambil keputusan yang lebih bertanggung jawab,” ujarnya.

Pembicara lain, Dr Emil Agustiono, meminta untuk menghilangkan keraguan untuk memberikan pengetahuan terkait bahaya merokok. "Siapapun tidak berhak mencederai kesehatan dan keselamatan rakyat Indonesia akibat ketidakmengertian bahaya pajanan (exposure) dari asap rokok dan zat adiktif lainnya,” tandasnya.

Sumber : suaramerdeka.com

Artikel ini berjudul Peringatan Merokok, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/02/peringatan-merokok.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Post a Comment

Kategori Artikel !