Panduan Lengkap Cara Membuat Blog

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog. Postingan kali ini saya dedikasikan khususnya kepada teman facebooker, yakni "Mbak Vonny" yang ingin tau cara membuat web/blog, dengan menggunakan fasilitas blogger (blogspot). Secara umum, mungkin bermanfaat bagi pengunjung lain yang memang sedang membutuhkan tutorial sejenis. Salah satu manfaat blog dapat juga dijadikan sebagai sarana penyalur hobi menulis, karena fasilitas ini dapat dengan luas membuat konten
yang berisi apapun.

Selain facebook, saya sarankan menggunakan blog karena tentunya gratis, mudah terindeks oleh mesin pencari sehingga memungkinkan dapat bermanfaat bagi pembaca atau setidaknya bisa numpang ngetop, banyak pilihan template dan mudah dimodifikasi sesuai selera masing-masing, serta mudah dalam membuatnya. Baiklah, kita bahas saja satu persatu cara membuat blog.

1. Pastikan sudah memiliki akun email, menggunakan gmail atau yahoo juga boleh deh.

2. Kunjung blogger.com, klik di sini. Biar enak dan enggak menutup halaman ini, arahkan kursor (mouse) ke link yang dituju, kemudian klik kanan dan pilih Open lin in new tab. Begitupun jika ingin membuka halaman lainnya, dalam membuka gambar juga bisa menggunakan cara ini.

3. Akan muncul seperti gambar di bawah ini, maka klik tombol Memulai.

4. Isikan data diri sesuai dengan kolom tersedia, kemudian klik tombol Lanjutkan. Perhatikan gambar di bawah, sudah dicontohkan bagian-bagian yang harus diisi..

5. Selanjutnya akan muncul proses pengisian data yang ke-2. Pada kolom judul blog, isikan dengan nama blog sesuai keinginan. Sedangkan pada kolom alamat blog,  isi dengan nama alamat blog yang diinginkan, saya contohkan misalnya http://omrame.blogspot.com maka cukup tulis omrame. Kemudian klik tulisan cek ketersediaan, jika memang alamat blog tersebut belum ada yang memiliki akan ada pemberitahuan bahwa dapat Anda gunakan, kalau sudah ada yang memiliki maka harus diganti dengan alamat lainnya. Setelah itu klik tombol Lanjutkan.

6. Untuk proses yang ke-3 adalah pemilihan template, sesuai dengan keinginan. Biar lebih mudahnya, saya sarankan gunakan template jenis Mudah (bagian gambar yang dilingkari). Langkah berikutnya, klik tombol Lanjutkan.

7. Nah ini pada langkah ke-4 adalah proses akhir pendaftaran, akan muncul seperti gambar berikut. Lalu klik tombol Mulai Blogging.

Itu pertanda, bahwa proses registrasi Anda sudah berhasil. Jangan kaget kalau setelah mengklik tombol mulai blogging, tiba-tiba muncul gambar seperti di bawah ini.
Adalah kolom, di mana Anda sudah bisa menuliskan artikel. Jika memang belum ingin menulis, abaikan tampilan tersebut, silahkan klik tulisan Lihat blog. Jreeeng..., tampil deh halaman blog Anda.
  • Mengatur Profil
Profil Anda dapat disesuaikan juga lho, yakni dengan menampilkan beberapa atribut data diri dan juga gambar (foto). Biar lebih narsis geto loh. Pada gambar di atas, di bagian pojok kanan atas ada tulisan Dasbor, nah tulisan itu di klik.

Akan muncul gambar berikut, kemudin klik tulisan Edit profil.

Sekarang saatnya satu persatu mengisikan data profil di akun blog Anda, disarankan pengisiannya seperti contoh dalam tiap kolom-kolom yang tersedia.

Jika semua data sudah isi, jangan lupa mengklik tombol Simpan profil. Anda bisa melihat data diri yang akan tampil di profil blog, itu akan terlihat secara pribadi maupun oleh pengunjung di halaman profil.
  • Pengaturan Blog
Langkah berikut, ada baiknya dilakukan agar proses pembuatan blog dan pengaturan-pengaturannya sampai tuntas...tas. Yakni melakukan pengaturan (setting) blog agar mendapat hasil ideal, sebelum bertarung tulis-menulis artikel. Ibarat kata pak patah; sekalian mendaftar, pengaturan pun terlampaui. Caranya adalah klik di sini.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Kalau masih ada yang kurang dipahami atau ada pertanyaan  lanjutan, silahkan sampaikan surat gugatan di kotak komentar atau melalui inbox. Dengan senang hati akan saya tanggapi dengan senang hati.

Sumber : http://www.omrame.co.cc/

Artikel ini berjudul Panduan Lengkap Cara Membuat Blog, dengan url http://moo-no.blogspot.com/2011/02/panduan-lengkap-cara-membuat-blog.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 Komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Post a Comment

Kategori Artikel !